Focus Group Discussion (FGD) Kemitraan Provinsi Sumatera Utara

Ibu Ir. Niken Nawangsasi, MT dari Fasilitasi pemberdayaan dan Kemitraan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pusat Membuka Acara FGB kemitraan Provinsi Sumatera Utara didampingin oleh Bapak Ir. Syabudi Siregar, M.M, Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara ,dan Narasumber yang hadir, Acara yang berlangsung selama 2 (dua) hari tanggal 13-14 Desember 2018 tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Marcure Maha Cipta Medan Angkasa, yang di fasilitasi oleh Direktorat Rumah Swadaya,Direktorat Jenderal penyediaan perumahan, Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan rakyat.

Dalam kesempatan yang diberikan, bapak Syahbudi Siregar didalam kata sambutannya mengatakan “acara ini diharapkan sebagai diskusi interaktif antar peserta FGB, dan sangat berterima kasih dan sangat mendukung ,karena melalui Direktorat Rumah Swadaya, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat atas terselenggaraanya acara ini, ini adalah salah satu bentuk perhatian khusus Pemerintah Pusat ke Provinsi Sumatera Utara”.

Beliau juga mengatakan “Keseriusan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam mewujudkan pembangunan rumah yang layak telah di wujudkan dalam misi pembangunan Sumatera Utara RPJMD 2018-2023 dengan mewujudkan masyarakat Sumatera Utara  yang bermartabat dalam kehidupan karena memiliki Iman dan Taqwa, tersedianya sandang pangan yang cukup, Rumah yang Layak, Pendidikan yang baik, kesehatan yang Prima,Mata pencaharian yang menyenangkan, serta harga-harga yang terjangkau”.

Kemudian dilanjutkan , Pemaparan tentang kebijakan dan program Rumah Swadaya oleh Ibu Niken Nawangsasi di dalam pemaparanny Ibu Niken Nawangsasi mengatakan ”untuk tidak memberikan bantuan  program yang berbeda di dalam satu Desa, guna untuk tidak menciptakan kecemburuan sosial karena disetiap bantuan memiliki jumlah dana yang berbeda”.

Dalam acara FGD, Fokus diskusi diantaranya tentang Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), BSPS merupakan bantuan pemerintah berupa stimulan bagi masyarakat berpengasilan Rendah (MBR) untuk meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan atau peningkatan kualitas rumah beserta prasarana, sarana, dan utilitas umum (PSU), selain itu, BSPS merupakan stimulan bagi masyarakat untuk bisa bergotong-royong dalam meningkatkan kualitas RTLH.

Pemerintah pusat sangat mengapresiasi kegiatan rehab rumah tidak layak huni yang telah dilakukan oleh Mitra Badan Usaha dari asosiasi pengembang Perumahan DPD REI dan DPD Apersi Sumatera Utara Serta PT.Bank Sumut.

Comments for this post are closed.