Penanganan Hunian Korban Bencana Alam Dan Hunian Yang Terkena Relokasi Program Pemerintah Dapat Diterapkan Untuk Sebaik-Baiknya Bagi Masyarakat

Medan – Dinas  Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara melaksanakan kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bidang Perumahan Dan Kawasan Permukiman di Garuda Plaza Hotel, Kamis 04 April 2019. Adapun maksud dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membahas rancangan renja dinas perumahan dan kawasan permukiman Provinsi Sumatera Utara dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari musrenbang RKPD Kabupaten/Kota yang membidangi urusan perumahan dan kawasan permukiman, ujar Ida Mariana selaku Ketua Panitia.

 

Acara dibuka langsung oleh Sabrina, selaku Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara. Sabrina mengharapkan pelaksanaan kegiatan ini mampu menghadirkan proses penyusunan rencana kerja (renja) yang efisien, efektif, partisipatif, dan akuntabel, sehingga bermuara pada tercapainya dokumen rencana kerja  yang semakin berkualitas. Selanjutnya sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR NO.29/PRT/M/2018 Tentang Standar Teknis SPM Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat untuk penanganan hunian korban bencana alam dan hunian yang terkena relokasi program pemerintah dapat diterapkan untuk sebaik-baiknya bagi masyarakat, tambahnya.

Narasumber yang mengisi acara pada kesempatan tersebut adalah perwakilan dari Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR RI, Bappeda Provsu dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan. Peserta yang hadir berasal dari Bappeda dan OPD yang membidangi Perumahan dan Kawasan Permukiman se-Sumatera Utara. (dedi)

 

 

 

REI Sumut bersedia merehabiliasi rumah tidak layak huni melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan

Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi menerima Dewan Pengurus Daerah (DPD) Realestat Indonesia (REI) Sumatera Utara di Rumah Dinas Gubenur Sumatera Utara pada hari Jumat tanggal 5 April 2019. Rombongan audiensi dipimpin oleh Ir. Andi Atmoko Panggabean selaku Ketua DPD REI Sumut.

Kebutuhan rumah sejalan dengan pertumbuhan penduduk. Untuk memenuhi kebutuhan rumah, secara konsisten dalam 3 tahun terakhir REI Sumut sudah membangun lebih dari 50.000 rumah. DPR REI Sumut sebagai salah satu organisasi profesi yang bergerak dibidang perumahan menyatakan komitmen untuk berkontribusi mendukung pembangunan di Sumatera Utara dalam menuju Sumut Bermartabat.  DPR REI Sumut bersedia memberikan dana tanggung jawab sosial untuk merehabilitasi rumah tidak layak huni dan lingkungan bagi masyarakat yang kurang mampu.

Gubernur Sumatera Utara didampingi Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Ida Mariana  dan Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama   Basarin Yunus Tanjung dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kepedulian DPD REI Sumut, serta berharap agar segera diambil langkah nyata mengatasi masalah perumahan di Sumatera Utara. Untuk rumah yang akan direhabilitasi dapat berkoordinasi lebih lanjut dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara.

Pada akhir pertemuan dilakukan Penandatangan MoU antara Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan DPD REI Sumatera Utara untuk melakukan rehabilitasi rumah tidak layak huni dan lingkungan bagi masyarakat yang kurang mampu melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan.

RAPAT LANJUTAN SINKRONISASI PEMBANGUNAN KAWASAN PERMUKIMAN KUMUH KOTA MEDAN

Medan – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara Melakukan Rapat lanjutan sinkronisasi pembangunan kawasan permukiman kumuh kota medan pada hari selasa tanggal 26 Maret 2019 di Aula Kantor Dinas PKP Provsu. Acara rapat dibuka oleh Ida Mariana selaku Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara. Adapun tujuan pelakasaan rapat sebagai tidak lanjut rapat sebelumnya pada tanggal 19 Maret 2019 yang merekomendasikan Kawasan Mangroove untuk dijadikan sebagai kawasan Ekowisata. Pada kesempatan tersebut turut pula hadir Nurlisa Ginting selaku kepala Departemen Teknik arsitektur Universitas Sumatera Utara yang memaparkan beberapa konsep Perencanaan Kawasan dipinggiran Sungai Deli dan sekitarnya.

Selain pembahasan konsep atau ide-ide perbaikan di kawasan pinggiran sungai deli, dalam rapat tersebut juga membahas penanganan kawasan Sicanang yang akan ditata menjadi kawasan Ekowisata. Dalam arahannya Ida Mariana menyampaikan bahwa sebagai langkah awal akan dilakukan kunjungan lapangan ke Sicanang pada hari kamis tanggal 28 maret 2019 yang akan datang, setelah pertemuan untuk kesepakatan pelaksanaan bedah rumah, dengan melibatkan unsur camat, lurah serta masyarakat. Selanjutnya dibuat design bangunan dengan melibatkan unsur Departemen Teknik Arsitektur Universitas Sumatera Utara, tambahnya.

 

Sebagai bentuk dukungan, Dinas perumahan Kawasam Permukiman dan Tata Ruang Kota Medan telah melakukan kolaborasi dengan beberapa pihak untuk penanganan Kawasan Sicanang,  di samping sebagai tempat objek ekowisata selanjutnya kawasan Sicanang nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar jelas Tondi selaku perwakilan dari Dinas PPTR Kota Medan.

Peserta yang hadir pada rapat tersebut diantaranya Bappeda Provsu, Dinas Kehutanan Provsu, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provsu, Bappeda Kota Medan, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Tata Ruang Kota Medan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, Departemen Teknik Arsitektur Universitas Sumatera Utara dan Koordinator Kota Kotaku Kota Medan. (dedi)

Kadis PKP Provsu Menyematkan Akrilik Sebagai Tanda Rumah Adat Yang Telah Direnovasi Difungsikan Sebagai Homestay

Bakkara – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provsu membantu penghuni rumah adat dengan meningkatkan kualitas rumah menjadi rumah layak huni. Rumah adat ini direnovasi agar dapat menjadi homestay. Homestay ini ada berada di Desa Bakkara Kecamatan Bakti Raja Kabupaten Humbang Hasundutan. Ida Mariana selaku Kadis PKP Provsu menyematkan akrilik sebagai tanda rumah ini dapat difungsikan sebagai Homestay senin (11/3). Ida Mariana mengharapkan para penghuni rumah yang telah di berikan bantuan/renovasi rumah adat menjadi homestay supaya di jaga dan dirawat dengan baik. Agar para pengunjung yang datang dapat singgah di homestay menjadi nyaman dan aman, bisa menambah penghasilan bagi penghuni atau pun masyarakat sekitar serta mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya selama proses pembangunan renovasi ini berjalan dengan lancar. Penerima bantuan pada kesempatan tersebut diwakili oleh Hotlina Bakkara mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, khususnya pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman yang sudah merehab/memperbaiki rumahnya dan membangun fasilitas kamar mandi dan fasilitas-fasilitas lainnya, sehingga kami pun yang tinggal dirumah ini menjadi nyaman, ujarnya. (dedi)

 

Dinas PKP Sumut buka Stand di PRSU Tahun 2019

Medan – Dalam rangka mendukung gelaran PRSU Tahun 2019, Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara menjadi salah satu peserta pada ajang tersebut.

Gelaran PRSU yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Utara pada Jum’at malam ( 8/3) dengan mengusung tema PRSU Now Lebih Keren Dengan Pesona Sumatera Utara Yang Bermartabat diharapkan menjadi gelaran yang dapat membuat masyarakat senang, sehingga pelaksanaannya tidak boleh main-main.

Dinas PKP Sumut pada gelaran PRSU kali ini menampilkan beberapa foto-foto dan video dokumentasi yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Selain itu turut pula di tampilkan maket pembangunan rumah relokasi korban bencana alam di Siosar dan rencana pembangunan gedung kantor yang mengusung konsep arsitektur hijau.

Dengan gelaran PRSU ini, Dinas PKP Sumut sudah mengambil peran untuk menyampaikan ke masyarakat tentang kondisi Perumahan dan Kawasan Permukiman di Sumatera Utara dan harapannya adalah yang pertama bagaimana agar tidak ada lagi rumah yang tidak layak huni di Sumut sampai periode Tahun 2023, kedua bagaimana strategi agar masyarakat yang belum punya rumah bisa memiliki rumah serta yang ke tiga kebutuhan akan rumah bagi korban bencana bisa diminimalisir dengan adanya pembangunan perumahan bagi korban bencana yang telah dilakukan dan disebar oleh Pemerintah, ujar Ida Mariana selaku Kepala Dinas Perumahan Dan kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara. Hal itu merupakan tindak lanjut dari visi dan misi Bapak Gubernur yang pertama untuk mewujudkan masyarakat Sumut yang bermartabat dan memiliki rumah yang layak huni, ujarnya.

Gelaran PRSU Tahun 2019 berlangsung selama 1 (satu) bulan, mulai tanggal 8 maret sampai dengan 8 April 2019. (dedi)

Acara PRSU Tahun 2019 Resmi dibuka, GUBSU : PRSU hajatan yang ditunggu-tunggu rakyat, jangan dibuat main-main

Medan – Gubernur Sumatera Utara membuka secara resmi gelaran Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Tahun 2019 di Tapian Daya jalan Gatot Subroto Medan Jum’at  malam (8/3). “Acara seperti ini adalah kebanggaan untuk rakyat Sumatera Utara, semua harus senang, saya yakin rakyat dan anak Sumut sangat mendambakan kegiatan seperti ini. Untuk itu yang akan datang harus 4-5 kali lebih baik, tidak boleh dibuat main-main,” ujar Gubernur.

Pada kesempatan tersebut Edy mengajak seluruh Bupati/Walikota di Sumut untuk lebih peduli terhadap keberlangsungan PRSU. “Tempat ini harus terawat, harus dibuat tempat yang menyenangkan rakyat, saya rasa bisa, bupati dan walikota ayo kita pikirkan bersama,” ujarnya. Adapun tema yang diusung adalah PRSU Now Lebih Keren Dengan Pesona Sumatera Utara Yang Bermartabat.

Pembukaan secara resmi PRSU 2019 ditandai dengan pemukulan Gondang Sembilan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Sekdaprov Sumut Sabrina, dan Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto serta didampingi bupati/walikota se Sumut. (dedi)

Tema Rakortek “Menyongsong Pembangunan 2020-2024 Melalui Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Yang Selaras Dan Terintegrasi”

PADANG, Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Tahun 2019 Kementerian Dalam Negeri dilaksanakan di Grand Inna Muara, Padang mulai tanggal 25 Februari s/d 1 Maret 2019. Acara dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo. Dalam arahannya Hadi menekankan lima hal yang menjadi catatan penting bagi para peserta Rakortekrenbang dengan mengacu pada usulan RKP 2020 yaitu Peningkatan Sumber Daya Manusia Untuk Pertumbuhan Berkualitas dan Prioritas Nasional Tahun 2020 dengan menitikberatkan pada program kerja, yaitu;  1. Pembangunan manusia. 2. Penguatan konektivitas. 3. Peningkatan nilai tambah ekonomi, 4. Pemantapan ketahanan energi, pangan, dan sumberdaya air, dan 5. Stabilitas keamanan nasional. Adapun tema yang diusung adalah “Menyongsong Pembangunan 2020-2024 Melalui Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Yang Selaras Dan Terintegrasi”.

Pelaksanaan Rakortekrenbang tahun ini terdapat 34 desk yang berkaitan dengan urusan pemerintahan daerah serta desk Pemerintahan Dalam Negeri sebagai bentuk komitmen dari Kemendagri dalam memfasilitasi daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Pada saat Kegiatan desk sektor permukiman, Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara dihadiri oleh Ida Mariana selaku Kepala Dinas. Kesempatan tersebut turut dihadiri oleh Bappeda Provsu, Bappeda Kab/Kota Se-Sumatera Utara. Adapun usulan yang disampaikan oleh Ida Mariana adalah kegiatan dari sumber dana APBN yang ditujukan ke Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia untuk Tahun Anggaran 2020 senilai             809 milyar rupiah yang terdiri dari usulan pembangunan rumah susun, rumah khusus nelayan, perbaikan rumah melalui rumah swadaya dan bantuan PSU Perumahan. Sebagai tindak lanjut diskusi desk, akan dilakukan verifikasi kesiapan pelaksanaan kegiatan untuk Tahun Anggaran 2020.

Rakortekrenbang 2019 diselenggarakan dalam dua tahap berdasarkan regional, yaitu regional 1 dan regional 2. Untuk regional 1 terdiri dari wilayah Sumatera, Jawa, dan Bali yang berlangsung sejak tanggal 25 Februari hingga 1 Maret 2019. Sementara untuk regional 2 terdiri dari wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, NTT, NTB dan Papua yang akan diselenggarakan di Balikpapan pada tanggal 11 hingga 15 Maret 2019. (dedi)

Rei Bisa Menjadi Organisasi Yang Terdepan Dalam Pengadaan Perumahan MBR Yang Bermanfaat Bagi Masyarakat

Medan – REI Sumatera Utara melakukan acara silaturahmi dengan stakeholders dan dunia Perbankan sekaligus perayaan HUT REI Sumut yang ke 47 di Medan selasa 26 Februari 2019 kemarin.

Kegiatan ini dihadiri oleh DPP REI, DPD REI dan seluruh anggota REI Provinsi Sumatera Utara. Gubsu dalam sambutannya yang dibacakan oleh Hadasa Manurung menyampaikan atas nama pemerintah dan masyarakat Sumatera Utara menyampaikan ucapan terimakasih atas kerja sama dan dukungan yang telah ditunjukkan DPD REI selama ini terhadap Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam menyediakan perumahan untuk masyarakat, khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Pada acara tersebut dilakukan pemotong tumpeng dan diberikan kepada Hadasa Manurung mewakili Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara.

 

Dalam sambutannya Ketua REI Sumut, Ir. Andi Atmoko Panggabean menyampaikan perayaan ulang tahun ini dilakukan oleh seluruh organisasi REI yang ada di masing-masing Provinsi, sedangkan untuk puncak acaranya akan di selenggarakan di Provinsi Jawa Timur. Untuk selanjutnya organisasi REI ini semakin tumbuh pesat sehingga dapat semakin memenuhi kebutuhan perumahan bagi masyarakat di masa yang akan datang.(Dedi)

Rapat Awal Penyusunan Renja Tahun 2020 Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Provsu

Medan – Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara melakukan rapat awal dalam rangka penyusunan Rencana Kerja (Renja) Tahun Anggaran 2020 pada hari Jumat tanggal 01 Februari 2019 di Aula Kantor Dinas PKP Provsu. Acara di buka oleh Ida Mariana selaku Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara. Peserta yang hadir merupakan tim yang sudah ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Dinas Tentang Pembentukan Tim Penyusun Renja Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Provsu Tahun Anggaran 2020.

Dalam pengarahannya, Ida Mariana menyampaikan setiap Pokja selanjutnya dapat menyusun Renja sesuai dengan tupoksi pada bidang masing-masing. Selain itu para kepala bidang dapat menyusun rencana program yang bukan hanya pada kegiatan fisik saja, namun untuk kegiatan database. Untuk mendukung penerapan PERMEN PUPR NO.29/PRT/M/2018 Tentang Standar Teknis SPM Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat agar para bidang mewujudkannya ke dalam bentuk kegiatan pada Tahun Anggaran 2020.

Selanjutnya setiap usulan yang terkait dengan kegiatan kawasan permukiman untuk di sinkronkan dengan SK KWS kumuh. Dalam rangka kegiatan RTLH telah dibentuk tim sosialisasi RTLH yang selanjutnya agar segera ditindak lanjuti dan untuk perencanaan selanjutnya pada daerah KSP harus sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Prov/Kab/Kota, ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Salmarianto selaku Kasubbag Program, Akuntabilitas dan Informasi Publik menyampaikan bahwa untuk menerapkan Permen PUPR NO.29/PRT/M/2018 Tentang Standar Teknis SPM Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, khususnya pada SPM Perumahan Rakyat, ada 2 (dua) jenis pelayanan dasar yaitu Penyediaan Dan Rehabilitasi Rumah Yang Layak Huni Bagi Korban Bencana Provinsi dan Fasilitasi Penyediaan Rumah Yang Layak Huni Bagi Masyarakat Yang Terkena Relokasi Program Pemerintah Daerah Provinsi/Kab/Kota. Oleh sebab itu para pokja dapat menyesuaikan kegiatan baru dengan permen tersebut. Selain itu para pokja diharapkan untuk segera melakukan pendataan dan survei lokasi sesuai dengan bidangnya untuk Tahun Anggaran 2020, ujarnya.

 

Pada Rapat tersebut juga dilaksanakan diskusi/desk tiap-tiap Pokja untuk melakukan pembahasan usulan kegiatan.(Dedi)

SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI ABSENSI ONLINE DI LINGKUNGAN DINAS PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN PROVINSI SUMATERA UTARA

 

Dalam rangka peningkatan disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) dan sebagai tindak lanjut Peraturan Gubernur Sumatera Utara No.18 Tahun 2018 tentang Tunjangan Tambahan Penghasilan PNS dan CPNS di lingkungan Provinsi Sumatera Utara, Dinas Perumahan Dan Permukiman Provinsi Sumatera Utara mengadakan sosialisasi tentang Penggunaan Aplikasi Absensi online pada hari rabu tanggal 09 Januari 2019 bertempat di Aula Kantor Dinas. Acara dibuka oleh Syahbudi Siregar, selaku Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara. Dalam sambutannya, Syahbudi Siregar mengharapakan agar narasumber memberikan penjelasan yang sedetail-detailnya terkait dengan proses absensi tersebut sehingga para ASN mudah untuk menjalankan aplikasinya.

Acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh para pejabat eselon III dan IV serta seluruh staf ASN di lingkungan dinas perumahan dan kawasan permukiman provinsi sumatera utara. Sebagai narasumber pada acara sosialisasi tersebut adalah dari Dinas Komunikasi Dan Informasi Provinsi Sumatera Utara yang diwakili  oleh Alfian Jauhari selaku kepala seksi pengembangan aplikasi.

Proses absensi online dengan menggunakan android diawali dengan mendownload aplikasi e-absensi melalui playstore, kemudian meng-instal aplikasi agar dapat digunakan. Aparatur Sipil Negara (ASN) dianggap masuk kantor terlambat jika melakukan absensi online diatas pukul 07.30 wib.

Pelaksanaan sosialisasi berjalan dengan lancar dan para aparatur Sipil Negara cukup banyak memberikan pertanyaan seputar tata cara penggunaan aplikasi. Diharapkan dengan penggunaan Aplikasi absensi online ini meningkatkan perilaku kerja dan produktifitas ASN dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Terhadap ASN yang terlambat masuk kantor, pulang lebih awal atau tidak ikut APEL pagi akan dikenakan pemotongan Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP).