Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara melakukan Verifikasi SK Kumuh Kabupaten Nias Selatan

Medan – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara melakukan Verifikasi SK Kumuh Kabupaten Nias Selatan oleh Tim Verifikasi Provinsi sesuai dengan Kewenangan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 14/PRT/M/2018 tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh. Acara dilaksanakan di Bidang Kawasan Permukiman Dinas PKP Provsu Jl. A.H. Nasution Jumat (27/05).

Acara dibuka oleh Plh. Kabid KP Yuni Kurniasih. Kemudian Tim Verifikasi SK Kumuh Kabupaten Nias Selatan menyampaikan hasil identifikasi dan kelengkapan data kawasan kumuh Kabupaten Nias Selatan. Kawasan kumuh dengan luasan 10-15 Ha sesuai dengan kewenangan Provinsi ada 38 (tiga puluh delapan) kawasan yang diusulkan.

Dari hasil verifikasi Kabupaten Nias Selatan sudah memiliki RTRW sesuai Perda No.6 tahun 2014 namun belum memiliki Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL). Dari 38 (tiga puluh delapan) kawasan yang diusulkan semua kawasan perlu dievaluasi kembali mulai dari deliniasi, data numerik, profil kumuh, dan data spasialnya dengan catatan satu polygon merupakan satu hamparan, tidak dibatasi wilayah administrasi dan polygon terserbut tidak dibolehkan ada insfrastruktur skala besar serta sungai, rel dan kawasan hijau. Lokasi yang masuk dalam polygon merupakan lokasi perumahan dan permukiman sesuai dengan peruntukan pola ruang dalam RTRW Kabupaten Nias Selatan.(ulfa)

Comments for this post are closed.