Sekretaris Dinas PKP Anda Subrata mewakili Kepala Dinas membuka acara  Rapat Sosialisasi Sistem Informasi RTLH

Medan – Sekretaris Dinas PKP Anda Subrata mewakili Kepala Dinas membuka acara  Rapat Sosialisasi Sistem Informasi RTLH. Rapat Sosialisasi diadakan di Ruang Rapat Lt. II Dinas PKP Provsu Jl. A.H Nasution No. 20.

Dalam pembukaannya Anda Subrata menyampaikan “Memaparkan pola teknis aplikasi RTLH di Dinas PKP Provsu, Sirtu Sistem Informasi RTLH Sumut. Disini kita sama-sama akan memahami pola penginputan mulai dari pengusulan verifikasi dan menjadi data baseline. Rehabilitasi RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) adalah salah satu program Pemerintah dalam menangani kebutuhan rumah tidak layak huni bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah dan melibatkan swadaya masyarakat. Diperlukan peran serta semua untuk evaluasi dan verifikasi yang akan dilakukan melalui tim teknis Provinsi dan tim teknis Kabupaten/Kota. Kedepannya semua usulan Rehabilitasi RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sumber dana APBD Provinsi Sumatera Utara disampaikan melalui aplikasi ini, kemudian tim verifikasi akan meninjau langsung dan memverifikasi usulan tersrbut dan melakukan tolak atau terima usulan diaplikasi” ujarnya.

Terhadap peserta yang hadir telah dijelaskan mengenai cara penginputan dimulai dari membuka website http://dispkp.sumutprov.go.id/rtlh kemudian masukan user dan password yang sudah diberikan. Selanjutnya data yang sudah diinput dari kabupaten/kota akan diverifikasi oleh akun admin dari provinsi. Nanti akan ada level level pengguna di aplikasi baik di tingkat provinsi maupun kabupaten kota. Kalau selama ini data-data rumah rtlh disiapkan secara manual oleh kabupaten/kota nantinya akan dimasukan ke dalam aplikasi manfaat yang didapat dari pendigitalan proses pendaftaran dan pengusulan rehabilitasi rumah ini adalah terpeliharanya data, sehingga tidak perlu dilakukan berkas yang berulang serta semakin cepatnya proses terverifikasi calon penerima bantuan Rehab RLTH (Rumah Tidak Layak Huni) sehingga terserdia cukup waktu untuk melaksanakan pembangunan nantinya. (ulfa)

Comments for this post are closed.