FGD Kolaborasi Perencanaan Pembangunan Melalui Dukungan Kab/Kota Terhadap kegiatan Stategis Daerah Provinsi Sumatera Utara

Medan – Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Supryanto menjadi narasumber dalam FGD Kolaborasi Perencanaan Pembangunan Melalui Dukungan Kab/Kota Terhadap kegiatan Stategis Daerah Provinsi Sumatera Utara yang bertempat di Hotel Grand Mercure Jl. Sutomo No.1 Medan (09/12).

Dalam paparannya Supryanto menyampaikan “rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia sebagai tempat  tinggal yang layak huni. Saat ini Provinsi Sumatera Utara memiliki 1.4905,51 Ha yang tersebar di 24 kab/Kota. Dalam pengurangan luas kawasan perumahan kumuh dan permukiman kumuh akan dilakukan peningkatan kualitas melalui pola penanganan pemugaran dan peremajaan kawasan. Agar Akses Rumah Layak huni dapat meningkat di tahun 2022 s.d 2023, diperlukan upaya peningkatan kualitas Rumah yang telah ada dari kondisi tidak layak huni menjadi Layak huni serta memastikan rumah yang baru akan dibangun oleh pengembang perumahan maupun oleh masyarakat secara swadaya sudah memenuhi empat indikator Rumah Layak Huni” jelasnya.

“Dengan desain perencaan terwujudnya peningkatan kualitas hunian dan lingkungan kawasan permukiman akan berkurangnya luas kawasan kumuh dan peningkatan akses rumah layak huni dengan peningkatan kualitas kawasan permukiman kumuh dengan luas 10 s.d 15 Ha kemudian pembangunan dan rehabilitasi rumah korban bencana dan rehabilitasi rumah tidak layak huni menjadi layak huni. Rencana Aksi Kegiatan Strategis Daerah Tahun 2021 penyusunan pradesain Pembangunan / Peremajaan Permukiman Kumuh di Desa Sei Bilah Kec. Sei Lepan Kab. Langkat. Untuk 2022 dan 2023 melakukan penyusunan DED pembangunan Pemugaran Peremajaan Permukiman Kumuh di Desa Sei Bilah Kec. Sei Lepan Kab. Langkat, Sesuai dengan Ketersediaan Dana, kemudian Pelaksanaan Pembangunan Pemugaran/ Peremajaan Permukiman Kumuh di Desa Sei Bilah Kec. Sei Lepan Kab. Langkat dan Koodinasi untuk Pelaksanaan Kegiatan yang terintegrasi dengan OPD lain” tambahnya.(ulfa)

Comments for this post are closed.