Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provsu menerima kunjungan kerja dari DPRD Komisi III Kab. Nias Selatan

Medan – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provsu menerima kunjungan kerja dari DPRD Komisi III Kab. Nias Selatan. Pertemuan diadakan di Aula Kantor Dinas PKP Provsu Jl. A.H Nasution No. 20 (Rabu, 22/09).

Kunjungan kerja disambut oleh Kepala Bidang Rumah Swadaya Indra Sakti Harahap mewakili Kepala Dinas PKP Provsu. Dalam kunjungannya Komisi III DPRD Kab. Nias Selatan ingin berkoordinasi dan konsultasi mengenai peran DPRD dalam mendukung dan mengawasi Bantuan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni). Pada kesempatan tersebut wakil ketua Komisi III Ferisman Ndruru menyampaikan “di Kab. Nias Selatan sangat diharapkan untuk mendapat bantuan bangunan renovasi RTLH. Kami mendapat info dari dinas perkim Nias Selatan kalau Nias Selatan tidak mendapat bantuan, bagaimana peran dan sikap DPRD agar bisa mendapat bantuan RTLH” ujarnya. Komisi III DPRD Kab. Nias Selatan Pegangan Dhaki menambahkan “bagaimana alur pelaksanaan bantuan RTLH hingga sampai di masyarakat” tambahnya.

Indra Sakti Harahap menjelaskan ”DPRD berperan besar untuk bisa mendapatkan bantuan RTLH, persyaratan warga untuk mendapat bantuan adalah memiliki KTP, KK, Pendapatan maksimal umr, memiliki surat tanah dan sudah dua tahun tinggal, mau berswadaya dan harus berada di dalam kawasan SK Kumuh yang dikeluarkan oleh Bupati/Walikota. Persyaratan ini dikuasai oleh Dinas PKP Kab. Nias Selatan dan data penerima dapat disampaikan melalui musrembang yang diajukan oleh Dinas PKP Kab. Nias Selatan. DPRD Nias Selatan berperan untuk mengawal usulan di Komisi D DPRD Provinsi agar sinkron dengan pengusulan melalui pokir DPRD Provinsi Sumatera Utara” jelasnya.

“alur pelaksanaan dimulai dari adanya SK Kumuh Kab. Nias Selatan kemudian Dinas PKP Nias Selatan mendata warga yang terdapat di dalam Kawasan kumuh,  dan sesuai kewenangan Provinsi akan menangani RTLH dengan luasan 10 – 15 Ha dengan pengusulan dan dokumen yang lengkap karena nanti setelah diterima kami akan melakukan pengecekan kesesuaian dengan SK Bupati dengan pengecekan langsung ke lapangan didampingi oleh TFL” tambah indra.

Acara diakhiri dengan foto bersama.(ulfa)

Comments for this post are closed.