KEPALA DINAS PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN MEMBUKA RAKOR KEGIATAN FASILITASI POKJA PKP PROVINSI SUMATERA UTARA

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Ir. Ida Mariana Harahap, M.Si

Medan – Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Ir. Ida Mariana Harahap membuka Rakor Kegiatan Fasilitasi Pokja PKP Provinsi Sumatera Utara, di Hotel Santika Dyandra Medan pada 24 s.d 25 November 2020.

Dalam pembukaannya Ida Mariana menyampaikan “struktur Pokja dan Forum PKP sesuai dengan Permen PUPR No. 12 Tahun 2020 tentang Peran Masyarakat, persiapan restrukturisasi dan pembentukan Pokja dan Forum PKP tahun 2020-2021, serta afirmasi penandatanganan komitmen bersama. Sekaligus mengindentifikasi keanggotaan Pokja dan Forum PKP Kab/Kota, kesepakatan lingkup bidang Pokja PKP, agenda Pokja 2020-2021 pendataan rumah berIMB dan non IMB, rumah yang tidak punya alamat dan rumah MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) yang belum bersertifikat, agenda tindaklanjut legalisai RP3KP dan penganggaran Pokja PKP dan Forum” jelasnya.

“Target dan hasil dokumentasi kesepakatan restrukturisasi Pokja PKP tahun 2020, draf struktur Pokja dan Foruk PKP Kab/Kota. Agenda Pokja 2020-2021, melanjutkan pembangunan basis dara, tindaklanjut dokumentasi (legalisasi) RP3KP, serta mendorong urugensi isu perumahan dan kawasan permukiman di daerah” tambahnya

“Sangat banyak tantangan yang harus dihadapi, agar bagaimana kita menyahuti backlog tentang pembangunan rumah yang dibutuhkan masyarakat Sumatera Utara yang semakin membutuhkan perumahan. Lahan kita tidak bertambah tapi masyarakat terus butuh terhadap hunian tempat tinggal. Ini adalah tugas dan bidang kita bagaimana penyediaan akan perumahan” ujarnya.

Peserta Rakor Kegiatan Fasilitasi Pokja PKP Provinsi Sumatera Utara

Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Sumatera Utara Saiful Zuhri menjelaskan “kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan konsolidasi kegiatan pembinaan penyelenggaraan PKP tahun 2020 terhadap Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, sesuai dengan amanat PP No. 14 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan.

Narasumber lain nya diisi oleh Sekdaprovsu, Balai P2PSII, Direktorat Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Perumahan, Bappeda Provsu, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut, Dinas PKP Provsu.

Diakhir acara diserahkan penghargaan untuk Kabupaten/Kota yang memiliki respon tinggi terhadap Pendataan yang didahulukan melalui SNVT Penyediaan Perumahan Sumut, dan yang mendapat penghargaan adalah Kab. Batu Bara, Kab. Tebing Tinggi, Kab. Toba, Kab. Pak pak Bharat, Kab. Labuhan Batu Utara

Comments for this post are closed.