RAPAT KOORDINASI RENCANA PENATAAN DAN PENINGKATAN KUALITAS KAWASAN PERMUKIMAN UTARA MEDAN BERBASIS WISATA BAHARI

Medan – Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Agus Tripriyono memimpin Rapat Koordinasi Rencana Penataan Dan Peningkatan Kualitas Kawasan Permukiman Utara Medan Berbasis Wisata Bahari, Kamis (19/11) di Ruang Pendopo Posko Covid – 19.

Rapat ini merupakan rapat lanjutan pada tanggal 6 November 2020 yang dipimpin langsung oleh Gubsu Edy Rahmayadi. Ada 2 (dua) hal yang akan dibahas pada agenda hari ini yaitu penentuan lokasi pembangunan perumahan dan penentuan calon penerima bantuan pembangunan perumahan tersebut di Kawasan Utara Medan, jelas Agus.

Selanjutnya Kadis PKP Provsu Ida Mariana Harahap mempresentasikan paparan terkait dengan Rencana Penataan Dan Peningkatan Kualitas Kawasan Permukiman Utara Medan Berbasis Wisata Bahari. Pada masterplan Penataan Kawasan Utara Medan, terdapat ± 68 Ha yang akan dikelola menjadi areal permukiman, namun berada didalam Kawasan Pelindo I, sehingga perlu ada kesepakatan lebih lanjut untuk status lahannya, terang Ida. Adapun lokasi yang direncanakan antara lain Lorong Gereja, Kelurahan Bagan Deli, Pantai Kasih Kelurahan Belawan I, dan Sicanang Kelurahan Belawan Sicanang, tambahnya. Konsep rumah yang akan dibangun adalah rumah panggung deret 2 (dua) lantai, dan untuk tahap awal rencananya dibangun 80 unit, 40 unit lantai 1 dan 40 unit di lantai 2, jelasnya.

Pjs Walikota Medan Arief S. Trinugroha menyampaikan perlu disusun strategi awal yang matang terlebih dahulu terkait dengan legalitas lahan. Lahan yang tersedia merupakan lahan HPL yang dikuasai oleh Pelindo I, sehingga harus diketahui penjelasan pengelolaan pada lahan tersebut, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut pihak Pelindo I sepenuhnya mendukung kegiatan Rencana Peningkatan Kualitas Permukiman Utara Medan Berbasis Wisata Bahari dan membuka diri untuk membahas status lahan yang masuk ke dalam masterplan. Selanjutnya akan membicarakannya secara teknis di Kantor Pelindo I bersama-sama dengan pihak terkait dalam waktu yang secepatnya.

Beberapa masukan juga disampaikan oleh Camat Belawan, Kelompok Masyarakat Belawan, Pemkab Deli Serdang, Syahbandar Belawan mengenai usulan yang akan didiskusikan nantinya bersama-sama di Kantor Pelindo I agar menemukan jalan terbaik untuk pembangunan Utara Medan.

Diakhir acara Kadis PKP Provsu Ida Mariana Harahap menyampaikan bahwasanya masterplan ini mengacu kepada konsep peningkatan Kawasan Permukiman dan konsep Pariwisata. Untuk sumber dana kita harapkan bukan hanya dari APBN, APBD namun juga bisa melalui CSR dan pola kemitraan, jelasnya. Selanjutnya agar dibuat satu pertemuan besar dengan melibatkan Kepala Daerah dan pihak-pihak pengambil keputusan untuk mewujudkan kegiatan ini, tutupnya.

Acara rapat koordinasi dihadiri oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Kota Medan, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Lantamal, Pelindo I, OP Belawan, Balai Penyediaan Prasarana Wilayah Sumut, Balai Penyediaan Perumahan Sumut, Camat Medan Belawan, Perwakilan Tokoh Masyarakat disekitar wilayah perencanaan dan tamu undangan lainnya.(ulfa)

Comments for this post are closed.