KADIS PKP PROVSU INGIN MENGEKSEKUSI TAPERA INI SECARA LANGSUNG BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT

Medan – Kadis PKP Provsu Ir. Ida Mariana Harahap M.Si memenuhi undangan dari Apersi Aceh dan Sumut mengenai  Sosialisasi BP TAPPERA  melalui Video Conference di Kantor Dinas PKP Provsu (Rabu, 8/7).

Dalam kata sambutannya Ida Mariana Harahap menyampaikan ingin mengeksekusi tapera ini secara langsung bermanfaat bagi masyarakat, “kita mempunyai lebih kurang 43rb ASN Sumut yang belum memiliki rumah yang akan dipetakan menjadi dua yang memiliki pendapatan diatas 6,5 juta  dan yang di bawah 6,5 juta, setelah dikelompokkan akan kemana dikelompokkan masih dengan FLPP yang melebur masuk ke dalam tappera atau produk tappera bisa nanti seperti FLPP itu yang paling penting kita tau supaya nanti jangan stagnan” ujarnya.

Ida Mariana menyampaikan harapan mengenai perubahan Bapertarum yang berubah menjadi Tappera segera bisa di eksekusi dan terealisasi kepada masyarakat yang membutuhkan terutama untuk ASN dan sekarang masyarakat non ASN juga bisa menggunakan tapera dengan catatan dua tahun menabung bisa mendapatkan fasilitas dari tappera produk apa saja dan sasaran kemana saja dan bisa untuk mengurangi backlog yang ada di sumut dan di aceh.

Keanggotaan TAPPERA mencakup seluruh warga negara Indonesia yang bertujuan untuk mengurangi backlog yang terjadi sejak awal berdiri nya negara Indonesia. Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah juga ingin terlibat dalam program TAPPERA ini. Landasan hukum TAPPERA sesuai dengan UU No.4/2016 dan PP No.25 Tahun 2020 yang mendasari UU No.1/2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman dan UU No. 20/2011  tentang Rumah Susun, untuk pembiayaan perumahan pemerintah mempunyai anggaran dari APBN seperti FLPP. TAPPERA merupakan program mandiri yang didasari pembiayaan dari iuran atau tabungan dari peserta. Sekarang TAPPERA memang masih berfokus untuk ASN, tetapi kedepan nya akan terbuka untuk semua mulai dari TNI-Polri, pewagai BUMN, BUMN, Swasta.

TAPPERA difokuskan untuk yang berpenghasilan batas UMR sampai dengan gaji 8jt / bulan, yang bisa menikmati fasilitas dari program TAPPERA. Produk TAPPERA  yakni kepemilikan rumah atau KPR, untuk pembangunan baru di lahan sendiri serta untuk perbaikan atau renovasi rumah yang sudah dimiliki. Khusus peserta baru bisa menikmati program dari TAPPERA setelah 2 tahun bergabung, penerimaan peserta baru dimulai tahun 2021. (ulfa)

 

Comments for this post are closed.