Dinas PKP Provsu Sambut Kedatangan Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah

Medan – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman menerima kunjungan Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah di ruang rapat Kantor Dinas Jalan AH.Nasution selasa (17/9). Rombongan anggota DPRD Kab.Tapteng dipimpin oleh Aswar Efendi Simanullang A.Md, serta beberapa anggota DPRD yaitu Ir. Saparuddin Simatupang, Ir. Hermunsyah Siambaton, Pangihutan Sihotang, Sihol Marudut Siregar, Sarbon Tua Limbong, dan Tulus Hutabarat, SE.

Pada kesempatan tersebut Aswar Efendi Simanullang yang juga merupakan wakil ketua DPRD meminta penjelasan terkait penyediaan Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik pada perumahan – perumahan yang berkembang di Kabupaten Tapanuli Tengah. Selain itu juga meminta informasi kegiatan – kegiatan apa saja yang dapat dialokasikan ke Kabupaten Tapanuli Tengah. Dan sebagai bentuk dukungan, DPRD akan mendorong Pemkab untuk mempersiapkan usulan dan penyediaan lahannya, ujarnya.

Urusan perumahan dan kawasan permukiman dilaksanakan secara konkuren antara pemerintah, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten / kota. Oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten harus melaksanakan Standar Pelayanan Minimal  (SPM) Perumahan dan Kawasan Permukiman sebagaimana diatur dalam PP 2/ 2018, Permendagri 100/2018 serta PermenPUPR 29/2018, ujar Saiful Zuhri selaku perwakilan dari Dinas PKP Sumut.

Sedangkan untuk penanganan kawasan kumuh kewenangan pemerintah provinsi adalah 10 s/d 15 Ha, agar pemkab Tapteng memperbarui SK kawasan kumuh, sehingga dapat ditangani sesuai kewenangan dan kebutuhan daerah, tambahnya. Kepada DPRD kab. Tapteng juga diminta untuk melakukan pengawalan penyusunan dokumen perencanaan perumahan jangka panjang pembangunan bidang perumahan dan kawasan permukiman melalui pembuatan Perda RP3KP,  ujarnya menutup diskusi.

Acara diakhiri dengan melakukan sesi foto bersama antara pihak Dinas PKP Provsu dengan anggota DPRD Kabupaten Tapteng. (dedi)