PPID Merupakan Garis Terdepan Dalam Penyampaian Informasi Kepada Masyarakat

Medan – Dalam rangka pelaksanaan Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Komisioner Informasi Provinsi Sumatera Utara melakukan evaluasi dan visitasi Penerapan Keterbukaan Informasi Publik di Dinas PKP Provsu Senin (16/9).  Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil pengisian Quisioner Penerapan Keterbukaan Informasi Publik secara Mandiri (Self Assesment Quisioner) dan presentasi Kadis PKP Provsu tentang Penerapan Keterbukaan Informasi Publik oleh Kepala Dinas PKP Provsu di Kantor Komisi Informasi, selasa (3/9) yang lalu. Kegiatan visitasi ini sebagai penilaian terhadap OPD yang masuk 16 besar grand final Hari Keterbukaan Informasi Nasional.

Dalam visitasi ini komisioner yang dipimpin oleh Eddy Syahputra disambut dan didampingi oleh Tim PPID Pembantu Dinas PKP Provsu yang dipimpin oleh Beslida Sahmawati. Pada kesempatan tersebut Komisioner mendapat informasi dan melihat langsung Buku Tamu Dinas, Formulir Permohonan Informasi dan Ruang Penerimaan Tamu.

Setelah melakukan peninjauan, beberapa masukkan dari Tim Komisioner Informasi Provinsi adalah petugas PPID harus mempunyai kecerdasan dan pengetahuan terkait dengan peraturan yang berlaku, agar papan informasi dibuat lebih bagus dan lebih informatif, perlu disediakan kursi untuk tamu yang memerlukan informasi, dan yang terakhir KIP bersedia untuk memberikan trainning kepada petugas PPID untuk tata cara pelayanan terhadap masyarakat. PPID merupakan garis terdepan dalam penyampaian informasi kepada masyarakat, ujar Eddy Syahputra. Sehingga PPID diharapkan bukan hanya bernyali namun harus menguasai peraturan perundangan yang berlaku terkait dengan Keterbukaan Informasi Publik, tambahnya.

Kegiatan visitasi diakhiri dengan sesi foto bersama tim Komisioner Informasi Provinsi dengan PPID Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Provsu. (dedi)