Peringatan “Hari Keluarga Nasional” ke XXV Tahun 2018

 

Gubernur beserta Kepala Dinas PKP Provsu bersalaman dengan para penerima rumah
Bapak Gubernur beserta rombongan menuju salah satu rumah yang telah di renovasi oleh Dinas Perumahan dan kawasan permukiamn provsu

Tahun 1945 Indonesia telah menyatakan kemerdekaannya. Namun situasi bangsa ini belum begitu kondusif. Bahkan untuk mempertahankan kemerdekaan, diberlakukannya wajib militer bagi rakyat. Hal ini menjadikannya mereka berpisah dengan keluarga. Melalui perjuangan yang gigih, pada 22 Juni 1949 Belanda menyerahkan kedaulatan bangsa Indonesia secara utuh. Seminggu kemudian, tepatnya 29 Juni 1949, para pejuang kembali kepada keluarganya. Inilah yang melandasi lahirnya Hari Keluarga Nasional (Harganas)

Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Keluarga diharapkan menjadi sumber yang selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi.

Akhirnya, Harganas mendapat legalitas. Pada 15 September 2014 melalui Keputusan Presiden RI Nomor 39 tahun 2014, anggal 29 Juni ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional dan bukan hari libur.

Pada peringatan hari Keluarga Nasional tahun ini di hadiri oleh Gubernur (Bapak Edy Rahmayadi), Bupati Serdang Bedagai (Bapak Soekirman), Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provsu (Ibu Ir. Ida Mariana, M.Si) beserta Instansi yang terkait.

Pada kegiatan tersebut, Gubernur Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman melakukan kegiatan pembangunan bedah rumah sejumlah 10 (sepuluh) rumah bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah dan berkeinginan memiliki rumah yang layak huni.

Para peserta penerima manfaat di hari keluarga nasional
Penyerahan tempat tidur ke para penerima manfaat di kegiatan Rehabilitasi Rumah tidak layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah dalam rangka dukungan Hari Keluarga Nasional

 

Comments for this post are closed.