Penyambutan kontingen Sulawesi Barat MTQ Nasional XXVII oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provsu

MTQ telah ada di Indonesia sejak tahun 1940-an sejak berdirinya Jami’iyyatul Qurro wal Huffadz yang didirikan oleh Nahdlatul Ulama, ormas terbesar di Indonesia.

Sejak tahun 1968, saat Menteri Agama dijabat K.H. Muhammad Dahlan (salah seorang ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) MTQN dilembagakan secara nasional. MTQN pertama diselenggarakan di Makassar pada bulan Ramadhan tahun 1968. Kala itu hanya melombagakan tilawah dewasa saja dan melahirkan Qari Ahmad Syahid dari jawa Barat dan Muhammadong dari Sulawesi Selatan. MTQN kedua diselenggarakan di Banjarmasin tahun 1969. Tahun 1970 MTQ ketiga diselenggarakan di Jakarta dengan acara yang sangat meriah.

Alhamdullilah.., Sumatera utara  dipercaya menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan MTQN  yang ke XXVII saat ini, teringat Butuh waktu 47 tahun lamanya untuk menjadi tuan rumah, Masyarakat sumatera utara tidak mensiasiakan kesempatan tahun ini, sambutan yang hangat dari berbagai lapisan masyarakat menyambutan kontingen yang akan berlomba di ajak MTQN ke XXVII. Salah satunya penyambutan kontingen asal Sulawesi barat oleh kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Sumatera Utara Ibu Ir. Ida Mariana, M.Si didampingin Kabid Rumah Swadaya Ibu Nurbaya Surbakti, ST, MT dan Tim dari Kabupaten Nias di bandara Kuala Namo, Sumatera Utara,  Ibu Ir.Ida Miriana, M.Si menselempangi Bapak Drs. Abd.Razak dengan  selendang Ulos sebagai simbolis menyambut kedatangan  kontingen dari Sulawesi barat.

 

Dalam kesempatan lain, tim kontingen dari Sulawesi barat dijemput oleh bus-bus yang telah disediakan oleh panitia MTQN XXVII, dan langsung dibawa menuju tempat makan JM Briani House yang berada teletak dijalan pemuda. Sepanjang perjalanan dari bandara KNO menuju ketempat makan, Ketua tim kontingen  Bapak Drs. Abd.Razak Mengatakan kota medan sangat besar dan maju seperti Jakarta yang macet.

Disisi lain, kebahagian itu tergambar ketika para rombongan kontingen Sulawesi barat sampai di JM Briani House untuk menikmati acara makan malam, terlihat kebahagian mereka dengan menyantap makan malam dengan para rombongan.

Acara pun berlanjut, setelah acara makan malam , para rombongan dibawa langsung menuju tempat penginapan di hotel garuda plaza Jl. Sisingamangaraja, Medan.

Comments for this post are closed.